bisnis plan mochi
BISNIS PLAN
MOCHI
LOGO USAHA
PENYUSUN
Sawitri
KLATEN
2019
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT, karena atas berkat dan limpahan rahmatNyalah
maka saya dapat menyelesaikan business plan ini dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah
business plan dengan judul “Mochi, yang menurut saya dapat memberikan manfaat
yang besar bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari kiat-kiat berwirausaha
hingga mencapai suatu kesuksesan.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu
meminta maaf dan memohon pemakluman bila mana isi business plan ini ada
kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat.
Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini
dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi makalah ini
sehingga dapat memberikan manfaat.
Sabtu, 23 November 2019
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Visi dan misi
BAB II ASPEK PEMASARAN
2.1 Produk
2.2 Rencana Usaha
2.3 Analisis Pasar
2.4 Strategi
Pemasaran
BAB III ANALISA OPERASIONAL
3.1 Rencana
Produksi
3.2 Analisa
Pendukung Bisnis
3.3 Analisa SWOT
BAB IV ANALISA KEUANGAN
4.1 Modal Awal
4.2 Rencana
Pendapatan
BAB V PENUTUP
5.1 Rencana
Pengembangan Usaha
5.2 Kesimpulan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi
maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan,
karena pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia
yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya
berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas
utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan
yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat
makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman
untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta
memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian di atas maka sangat potensial bila
kami mengembangkan usaha mochi ini, karna sebagian dari masyarakat sangat
menyukai mochi karena rasanya yang enak dan nikmat. Mochi ini memiliki beraneka
ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan
mereka. Selain itu, mochi ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun
bisa untuk mengkonsumsi mochi ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Mochi
ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari. Mochi
ini akan lebih enak apabila dijadikan cemilan ketika kita sedang berkumpul
dengan teman atau saudara, terlebih ketika ditemani dengan secangkir minuman
dingin atau sejenisnya maka Mochi sangat cocok sebagai makanan cemilan.
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat
untuk merintis usaha mochi dan usaha
kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu Mochi . Dengan
harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli Mochi kami dengan rasa
penasaran akan kenikmatan rasa MOCHI.
.
1.2 Visi,
Misi
dan Tujuan
Visi :
· Menciptakan
sebuah usaha yang mudah diterima masyarakat dan merakyat.
Misi :
· Memberikan
cita rasa yang terbaik.
· Memberikan
pelayanan yang terbaik.
Tujuan Usaha :
· Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya.
· Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
· Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan
kesejahteraan masyarakat.
· Membudayakan
semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha.
BAB ll
ASPEK PEMASARAN
ASPEK PEMASARAN
2.1 Produk
Produk mochi ini berbeda dari mochi yang lainnya. Saya
mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan menu mochi. Saya tidak
hanya menjual mochi biasa pada umumnya,
tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni mochi dengan varian rasa. Dengan
memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang
mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami
berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin,
sianida, zat beracun dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan
tidak merusak kesehatan.
2.2 Rencana
Usaha
Adapun rencana usaha yang
akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana
Jangka Pendek
Usaha bisnis mochi yang kami rintis ini
bertujuan untuk menambah pengalaman kerja di dalam usaha bisnis bagi kalangan
sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga
dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan
biaya kebutuhan sehari hari kita.
2. Rencana
Jangka Menengah
Usaha
yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami
bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar
dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami ke depannya.
Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari
segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama.
Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke
mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.
3. Rencana
Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami
akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula
kami membangun jaringan dengan membangun café maupun franchise agar usaha yang
kami jalankan dapat berkembang lebih besar dalam bidang usaha kuliner di
Indonesia.
2.3 Analisis
Pasar
Analisis Pasar dan Pemasaran
usaha mochi kami yaitu:
1. Target
Penjualan
Usaha ini berlokasi di
tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, seperti
Alun-alun dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi tersebut yang
banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal
sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi
target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat
usaha kami berdiri.
2. Sasaran
Konsumen
Dalam menjalankan usaha ini
sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan
bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut
sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang
kami berikan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan
yaitu Rp2.000/Pcs.
2.4 Strategi
Pemasaran
Adapun strategi pemasaran
yang dapat kami lakukan adalah:
1. Media
Banner
Promosi ini merupakan
promosi yang cukup sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk
melakukan promosi ini. Cukup dengan memasang banner di dekat lokasi kita
berusaha untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah
diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang
lain untuk membeli mochi di tempat kita.
2. Dengan
media Internet
Selain menggunakan banner,
maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti
dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat
telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha
kita.
3. Membuka
Cabang
Selain melakukan berbagai
strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami
ini dengan cara menambah cabang baru untuk memperluas jangkauan yang sudah
dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha mochi ini ini ke
daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat
dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat
pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4. Pengembangan
Produk
Pengembangan
produk dari usaha ini dapat dibuat varian rasa dan dikemas dengan kemasan yangr menarik dan unik yang gunanya sebagai pembeda dengan produk
yang lainya.
BAB III
ANALISA OPERASIONAL
3.1 Rencana
Produksi
Adapun rencana produksi
yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Kualitas
Kualitas yang akan kami
berikan adalah kualitas yang terbaik, dengan terus menjaga dan mengamati
bahan-bahan yang kita gunakan, agar konsumen pun tidak kapok/jerah karena telah
membeli produk kita yang memang mempunyai kualitas yang baik, baik dari segi
bentuk maupun rasanya.
2. Lokasi
Tempat usaha yang kami
rintis ialah di alun-alun yang ramai dilalui orang atau tempat kumpul
orang-orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami,
selain itu di alun-alun juga memungkinkan kami untuk membuka usaha mochi pada
hari ahad tepatnya karena begitu ramai karena Car Free Day dengan harapan banyak pembeli yang yang
mencoba produk kami .
3. Cita
Rasa
Dalam mengontrol cita rasa
produk dari usaha kami ini agar dapat dinikmati oleh konsumen dengan rasa yang
enak, maka kami melakukan proses yang baik, dari bahan baku yang akan kita
pakai sampai proses pengemasan yang baik, guna mempertahankan cita rasa dari
produk kami dan tak lupa kami menggunakan bahan baku yang memang mempunyai
kualitas yang baik. Agar para konsumen puas dengan produk yang akan kita
tawarkan ke mereka
3.2 Analisa
Pendukung Bisnis
Untuk mendukung
kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen-elemen yang terkait di
dalamnya. Adapun elemen-elemen yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini,
yaitu:
1. Distributor
Agar usaha ini dapat
bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan
distributor-distributor bahan baku, sehingga bahan-bahan dari rmochi ini mudah
didapatkan. Distributor yang kami maksud merupakan orang yang memasok
barang-barang yang kami butuhkan seperti penjual tepung maupun toko bahan baku
yang menjual segala bahan yang kami butuhkan.
2. Pelaku
Bisnis tersebut
Dalam bisnis jualan mochi
ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus
seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja
secara tekun / telaten, sabar, kerja keras dan orang yang cukup kreatif karena
bisnis tak cukup hanya bekerja keras, kita juga memerlukan pemikiran-pemikiran
atau ide cemerlang yang mampu membuat usaha kita semakin berkembang.
3. Pelaku
Bisnis lainnya
Kita pun harus memiliki
hubungan baik dengan pelaku bisnis lainnya, karna apabila kita tidak mempunyai
hubungan baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi
hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai wirausaha harus
mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja. Disamping itu dengan
mempunyai hubungan yang baik dengan pelaku bisnis lainnya, tentu saja akan
mudah bagi kita untuk saling bertukar pendapat ataupun informasi yang
manguntungkan bagi kepelaku bisnis lainnya.
4. Pengelola
Tempat
Dalam bisnis yang akan kita
jalankan tentunya kita harus mempunyai izin dengan pengelola tempat. Agar usaha yang akan dijalankan berjalan dengan
lancar tanpa adanya rasa kekhawatiran.
3.3 Analisa SWOT
1. Strenght
(Kekuatan)
· Mempunyai
ciri khas menu yang berbeda dengan usaha mochi yang lainnya yaitu Mochi dengan varian rasa.
· Tempatnya
strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
· Rasanya
sangat enak.
· Harganya
cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
· Bahan
yang digunakan untuk membuat mocha dari
bahan-bahan yang baik dan diproduksi dengan peralatan yang bersih sehingga
terjaga kualitasnya.
2. Weakness
(Kelemahan)
· Tidak
cocok bagi orang yang tidak suka mochi
· Kurang
modal untuk memulai usaha.
· Harga
bahan baku tidak stabil (dalam pembuatan mochi).
3. Opportunity
(Peluang)
· Digemari
sebagian besar masyarakat.
· Ciri
khas menu yaitu mochi menjadikan usaha
ini sangat menjanjikan.
· Cabang
yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.
· Budaya
masyarakat yang konsumtif.
4. Threat
(Ancaman)
· Banyak
saingan di luar sana.
· Harga
bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga
mochi yang mungkin dapat mengurangi
pembeli.
· Bila
hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak
(jarang).
BAB IV
ANALISA KEUANGAN
4.1 Modal
Awal
Bagi pelaku usaha penting
bagi kita untung memperhitungkan modal awal yang akan kita gunakan untuk
memulai kegiatan bisnis/usaha yang akan kita jalankan, karena modal adalah
salah satu aspek penting dalam memulai bisnis/usaha yang akan kita jalankan.
Adapun modal awal sebagai berikut;
Note :
Dapat digunakan dalam jangka panjang
No
|
Nama barang
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Harga total
|
1
|
Timbangan
|
1 unit
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
2
|
Kompor gas
|
1 unit
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
3
|
Tabung gas
|
1 unit
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
4
|
Merk usaha/banner
|
2 m
|
Rp 60.000
|
Rp 60.000
|
5
|
Wajan
|
1
|
Rp 50.000
|
Rp 50.000
|
6
|
Kotak sampah
|
2
|
Rp 15.000
|
Rp 30.000
|
7
|
Baskom
|
4
|
Rp 10.000
|
Rp 40.000
|
8
|
Solet
|
3
|
Rp 1.000
|
Rp 3.000
|
9
|
Sendok
|
5
|
Rp 1.000
|
Rp 5.000
|
10
|
Listrik,air dll
|
-
|
-
|
Rp 250.000
|
11
|
Pengukus
|
2
|
Rp 50.000
|
Rp 100.000
|
12
|
Baki
|
4
|
Rp 10.000
|
Rp 50.000
|
|
Total modal awal
|
|
|
Rp 1.188,000
|
Note : Dalam jangka pendek (Max 3-7 Hari) |
No
|
Nama bahan
|
Harga (Rp)
|
jumlah
|
1
|
Kacang tanah
|
Rp 40.000
|
2 kg
|
2
|
Gula merah
|
Rp 40.000
|
2 tangkep
|
3
|
Tepung ketan
|
Rp 60.000
|
10 kg
|
4
|
Kelapa parut
|
Rp 30.000
|
5kg
|
5
|
Coklat batang
|
Rp 50.000
|
5bungkus
|
6
|
Slai stroberi
|
Rp 30.000
|
3 bungkus
|
|
Total
|
Rp 250.000
|
|
Jadi
Total untuk modal awal kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek adalah;
Rp.
1.188.000 + Rp.
250.000 = Rp. 1.438,000
4.2 Rencana
Pendapatan
Adapun rencana pendapatan
yang akan kami lakukan sebagai berikut
Untuk target penjualan mochi 50 Pcs per
hari
Penjualan :
mochi
Rp 10.000 x 50 = Rp. 500.000
Total Penjualan per
Hari
= Rp. 300.000
Rencana Pendapatan
· Penjualan/hari
x 7 hari(berdasarkan kebutuhan jangka pendek) – Rp. 178.000 (Kebutuhan jangka
pendek)
· Hasil
total di bagi 2 orang
· Dikali
4 (waktu sebulan)
Rp. 200.000 x
7 = Rp. 2.100.000 - Rp.
553.000
= Rp. 1.547.000
Rp. 1.547.000: 2
= Rp. 773.000
Rp. 773.000x
4 = Rp. 3.094.000
Jadi pendapatan bersih per
bulan dari setiap orang adalah sebesar :
Rp. 3.094.000
BAB V
PENUTUP
5.1 Rencana
Pengembangan Usaha
Sebagai wirausahawan yang baik,
kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus
mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen
puas atas pelayanan dan citarasa mochi yang kami buat. Karena apabila kualitas
mochi kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan
maju dan terancam bangkrut.
5.2 Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat
berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini
akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai
kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak
akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus
menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
Komentar
Posting Komentar