bisnis plan mochi


BISNIS PLAN
MOCHI







LOGO USAHA






PENYUSUN

Sawitri










KLATEN
2019





KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT, karena atas berkat dan limpahan rahmatNyalah maka saya dapat menyelesaikan business plan ini dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah business plan dengan judul “Mochi, yang menurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari kiat-kiat berwirausaha hingga mencapai suatu kesuksesan.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon pemakluman bila mana isi business plan ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat.
Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.




Sabtu, 23 November 2019




Penyusun
















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1        Latar Belakang
1.2        Visi dan misi
BAB II ASPEK PEMASARAN
2.1        Produk
2.2        Rencana Usaha
2.3        Analisis Pasar
2.4        Strategi Pemasaran
BAB III ANALISA OPERASIONAL
3.1        Rencana Produksi
3.2        Analisa Pendukung Bisnis
3.3        Analisa SWOT
BAB IV ANALISA KEUANGAN
4.1        Modal Awal
4.2        Rencana Pendapatan
BAB V PENUTUP
5.1        Rencana Pengembangan Usaha
5.2        Kesimpulan
















BAB I  
PENDAHULUAN

       1.1    Latar Belakang
 Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karena pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian di atas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha mochi ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai mochi karena rasanya yang enak dan nikmat. Mochi ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, mochi ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi mochi ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Mochi ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari. Mochi ini akan lebih enak apabila dijadikan cemilan ketika kita sedang berkumpul dengan teman atau saudara, terlebih ketika ditemani dengan secangkir minuman dingin atau sejenisnya maka Mochi sangat cocok sebagai makanan cemilan.
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha mochi  dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu Mochi . Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli Mochi kami dengan rasa penasaran akan kenikmatan rasa MOCHI.




.

1.2  Visi, Misi dan Tujuan
Visi :
·            Menciptakan sebuah usaha yang mudah diterima masyarakat dan merakyat.
Misi :
·         Memberikan cita rasa yang terbaik.
·         Memberikan pelayanan yang terbaik.
Tujuan Usaha :
·         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·         Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan       usaha.
·         Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

·         Membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha.




























BAB ll
ASPEK PEMASARAN

2.1  Produk
Produk mochi ini berbeda dari mochi yang lainnya. Saya mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan menu mochi. Saya tidak hanya menjual mochi  biasa pada umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni mochi dengan varian rasa. Dengan memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin, sianida, zat beracun dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.

2.2  Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1.      Rencana Jangka Pendek
           Usaha bisnis mochi yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja di dalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kebutuhan sehari hari kita.

2.      Rencana Jangka Menengah
             Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami ke depannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.







3.      Rencana Jangka Panjang
            Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan membangun café maupun franchise agar usaha yang kami jalankan dapat berkembang lebih besar dalam bidang usaha kuliner di Indonesia.

2.3    Analisis Pasar 
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha mochi kami yaitu:

1.    Target Penjualan
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, seperti Alun-alun dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.

2.    Sasaran Konsumen
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp2.000/Pcs.

2.4   Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1.    Media Banner
Promosi ini merupakan promosi yang cukup sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan memasang banner di dekat lokasi kita berusaha untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli mochi di tempat kita.

2.    Dengan media Internet
Selain menggunakan banner, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.






3.    Membuka Cabang
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami ini dengan cara menambah cabang baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha mochi ini ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.

4.    Pengembangan Produk
          Pengembangan produk dari usaha ini dapat dibuat varian rasa dan dikemas dengan kemasan yangr menarik dan unik yang gunanya sebagai pembeda dengan produk yang lainya.                                                               





BAB III  
ANALISA OPERASIONAL

3.1 Rencana Produksi
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1.    Kualitas
Kualitas yang akan kami berikan adalah kualitas yang terbaik, dengan terus menjaga dan mengamati bahan-bahan yang kita gunakan, agar konsumen pun tidak kapok/jerah karena telah membeli produk kita yang memang mempunyai kualitas yang baik, baik dari segi bentuk maupun rasanya.
2.    Lokasi
Tempat usaha yang kami rintis ialah di alun-alun yang ramai dilalui orang atau tempat kumpul orang-orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami, selain itu di alun-alun juga memungkinkan kami untuk membuka usaha mochi pada hari ahad tepatnya karena begitu ramai karena Car Free Day dengan harapan banyak pembeli yang yang mencoba produk kami .





3.    Cita Rasa
Dalam mengontrol cita rasa produk dari usaha kami ini agar dapat dinikmati oleh konsumen dengan rasa yang enak, maka kami melakukan proses yang baik, dari bahan baku yang akan kita pakai sampai proses pengemasan yang baik, guna mempertahankan cita rasa dari produk kami dan tak lupa kami menggunakan bahan baku yang memang mempunyai kualitas yang baik. Agar para konsumen puas dengan produk yang akan kita tawarkan ke mereka

3.2  Analisa Pendukung Bisnis
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen-elemen yang terkait di dalamnya. Adapun elemen-elemen yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:


1.    Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan distributor-distributor bahan baku, sehingga bahan-bahan dari rmochi ini mudah didapatkan. Distributor yang kami maksud merupakan orang yang memasok barang-barang yang kami butuhkan seperti penjual tepung maupun toko bahan baku yang menjual segala bahan yang kami butuhkan.

2.    Pelaku Bisnis tersebut
Dalam bisnis jualan mochi ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, kerja keras dan orang yang cukup kreatif karena bisnis tak cukup hanya bekerja keras, kita juga memerlukan pemikiran-pemikiran atau ide cemerlang yang mampu membuat usaha kita semakin berkembang.


















3.    Pelaku Bisnis lainnya
Kita pun harus memiliki hubungan baik dengan pelaku bisnis lainnya, karna apabila kita tidak mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja. Disamping itu dengan mempunyai hubungan yang baik dengan pelaku bisnis lainnya, tentu saja akan mudah bagi kita untuk saling bertukar pendapat ataupun informasi yang manguntungkan bagi kepelaku bisnis lainnya.

4.    Pengelola Tempat

Dalam bisnis yang akan kita jalankan tentunya kita harus mempunyai izin dengan pengelola tempat. Agar usaha yang akan dijalankan berjalan dengan lancar tanpa adanya rasa kekhawatiran.


3.3 Analisa SWOT
1.      Strenght (Kekuatan)
·    Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha mochi yang lainnya yaitu Mochi dengan varian rasa.
·    Tempatnya strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
·    Rasanya sangat enak.
·    Harganya cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
·    Bahan yang digunakan untuk membuat mocha dari bahan-bahan yang baik dan diproduksi dengan peralatan yang bersih sehingga terjaga kualitasnya.

2.      Weakness (Kelemahan)
·     Tidak cocok bagi orang yang tidak suka mochi
·     Kurang modal untuk memulai usaha.
·     Harga bahan baku tidak stabil (dalam pembuatan mochi).


3.      Opportunity (Peluang)
·         Digemari sebagian besar masyarakat.
·         Ciri khas menu yaitu mochi  menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
·         Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.
·         Budaya masyarakat yang konsumtif.




4.      Threat (Ancaman)
·         Banyak saingan di luar sana.
·         Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga mochi     yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
·         Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).






BAB IV

ANALISA KEUANGAN


4.1    Modal Awal
Bagi pelaku usaha penting bagi kita untung memperhitungkan modal awal yang akan kita gunakan untuk memulai kegiatan bisnis/usaha yang akan kita jalankan, karena modal adalah salah satu aspek penting dalam memulai bisnis/usaha yang akan kita jalankan. Adapun modal awal sebagai berikut;


















Note : Dapat digunakan dalam jangka panjang

No
Nama barang
Jumlah
Harga satuan
Harga total
1
Timbangan
1 unit
Rp 200.000
Rp 200.000
2
Kompor gas
1 unit
Rp 300.000
Rp 300.000
3
Tabung gas
1 unit
Rp 100.000
Rp 100.000
4
Merk usaha/banner
2 m
Rp 60.000
Rp 60.000
5
Wajan
1
Rp 50.000
Rp 50.000
6
Kotak sampah
2
Rp 15.000
Rp 30.000
7
Baskom
4
Rp 10.000
Rp 40.000
8
Solet
3
Rp 1.000
Rp 3.000
9
Sendok
5
Rp 1.000
Rp 5.000
10
Listrik,air dll
-
-
Rp 250.000
11
Pengukus
2
Rp 50.000
Rp 100.000
12
Baki
4
Rp 10.000
Rp 50.000

Total modal awal


Rp 1.188,000



Note
 : Dalam jangka pendek (Max 3-7 Hari)

No
Nama bahan
Harga (Rp)
jumlah
1
Kacang tanah
Rp 40.000
2 kg
2
Gula merah
Rp  40.000
 2 tangkep
3
Tepung ketan
Rp 60.000
10 kg
4
Kelapa parut
Rp 30.000
5kg
5
Coklat batang
Rp 50.000
5bungkus
6
Slai stroberi
Rp 30.000
3 bungkus

Total
Rp 250.000



Jadi Total untuk modal awal kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek adalah;
Rp. 1.188.000 + Rp. 250.000   =   Rp. 1.438,000








4.2  Rencana Pendapatan
Adapun rencana pendapatan yang akan kami lakukan sebagai berikut
Untuk target penjualan  mochi 50 Pcs per hari

Penjualan :
mochi                                                               Rp 10.000 x 50 = Rp. 500.000
Total Penjualan per Hari                                   Rp. 300.000

Rencana Pendapatan
·         Penjualan/hari x 7 hari(berdasarkan kebutuhan jangka pendek) – Rp. 178.000 (Kebutuhan jangka pendek)
·         Hasil total di bagi 2 orang
·         Dikali 4 (waktu sebulan)

Rp. 200.000  x  7        = Rp. 2.100.000  -  Rp. 553.000
= Rp. 1.547.000
Rp. 1.547.000:  2        = Rp. 773.000
Rp. 773.000x  4          = Rp. 3.094.000

Jadi pendapatan bersih per bulan dari setiap orang adalah sebesar :

Rp. 3.094.000





















BAB V
PENUTUP


5.1  Rencana Pengembangan Usaha
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa mochi yang kami buat. Karena apabila kualitas mochi  kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.

5.2  Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sweet Night